Jumat, 19 Agustus 2011

Bahaya Gorengan Bagi Kesehatan


 

Banyak orang yang menganggap kalau gorengan itu nggak bagus buat kesehatan karena waktu menggoreng makanan ada kandungan lemak yang masuk ke dalam makanannya tersebut. 
Namun jangan khawatir, saya ada informasi yang bagus untuk menangani gorengan ini. Mau tau seperti apa tips sehat untuk makan makanan gorengan ini? Mari kita baca lebih lanjut artikel ini. 
Hampir seluruh orang berpikir bahwa makanan yang digoreng kurang enak dan kurang baik untuk kesehatan tubuh kita, karena gizi yang ada dalam makanan tersebut semakin berkurang dan hilang. Tapi sebenarnya, menurut yang saya baca dari berbagai referensi bahwa makanan yang digoreng itu ternyata gizi yang hilang lebih sedikit dibandingkan dengan makanan yang direbus atau dibakar.
 
Kita dianjurkan untuk mengurangi makan makanan gorengan supaya kadar kolesterol darah nggak tinggi, karena minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan memiliki kadar lemak lebih tinggi daripada makanan itu sendiri.
Selain itu, minyak gorengan juga kurang baik untuk kesehatan karena titik asapnya tinggi. Titik asap tinggi itu maksudnya adalah kalo kita menggoreng makanan, walaupun suhunya udah tinggi tapi asapnya jarang. Jadi pengertian titik asap itu sendiri seperti indikasi berubahnya komposisi dalam minyak.
Kalau makanan yang digoreng udah berasap, maka minyak nantinya akan mengeluarkan bau nggak enak dan rasanya pun juga nggak enak. Makanya kalo menggoreng makanan, suhunya juga harus tepat. Kalo minyak belum panas terus kita masukkin makanannya, nantinya malahan akan banyak minyak yang meresap ke dalam makanan yang kita goreng tersebut.
 
Begitupun sebaliknya, kalo terlalu panas minyaknya, terus kita masukkin makanannya, maka nantinya makanan akan menjadi nggak enak alias kematangan dan akan menjadi gosong. Ada baiknya kalo makanan yang udah digoreng, jika sudah matang lebih baik ditiris supaya minyaknya berkurang, jadi kadar minyak dalam makanan bisa lebih berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar