Jumat, 30 September 2011

Pencerahan dari Si Malas


Kemalasan, kebodohan & kemiskinan emg saling erat hubungannya. Kata2 tadi mungkin emg ada benernya, tapi tetep aja ga akan selalu seburuk kedengerannya. 
Nama saya Angga Dipraja, saya sendiri bisa dimasukkan ke golongan orang2 ya bisa dibilang pemalas lah yaa. Sebagai seorang pelajar, saya jarang bgt (malah hampir ga pernah sih) belajar. Suram yah gue -__-" Gini bro, menjadi orang males emg menyenangkan. Hidup kerasa santai bgt & kalem2 aja, rasa-rasanya kita punya waktu luang yg panjang trus gak berujung. Meskipun yaaa kadang buntut-buntutnya bakal dateng tumpukan masalah yg menggunung yg cukup untuk ngrusak hari2 bermalas-malasan kita yg indah & menyenangkan hehe =)) Kecuali untuk yg tingkat kemalasannya udah sampe ditahap 'DEWA' (kalo kata anak-anak ipa1 bilang mah), mau ada masalah sebanyak apa juga tetep weh cuek aja (Angga bangetlah ini -,- hahahaha). Oke balik lagi ke topik semula yah, hidup orang2 males rata-rata emg berakhir dgn keadaan2 yg kurang menyenangkan misalnya kebodohan malah kemiskinan. Bukan nasib sial yg ngebawa mereka pada keadaan kaya gitu, mereka terjerumus ke keadaan kaya gitu ga lain karena sikap mereka yg istilahnya mah terlalu apatis. Kebanyakan orang2 males terlalu sering ngabisin waktunya dalam sebuah kesenangan sesaat yg akhirnya ngebawa mereka pada pilihan2 sulit (kaya saya nih yg kesulitan nentuin jurusan kuliah nanti) Selain itu ada lagi sifat yg selalu setia menemani kemalesan mereka, yaitu kebiasaan mereka utk menunda atau mengabaikan masalah2 baik yang udah mereka hadapi atau yang mungkin bakal mereka hadapi. Sifat2 yg kaya gitu tuh yg bisa bikin mereka jauh dari kemapanan. Sikap ketidakpedulian mereka bikin mereka melewatkan kesempatan yg ada utk jadi sesuatu yang lebih baik. 

     Terus gimana dgn kita2 yg udah terlanjur males dan merasa berat untuk berubah jadi gak malas lagi? Apa kita2 yg males ini udh dikontrak mati sama nasib utk jadi orang yg gak akan sukses karena akses ke sebuah kesuksesan udh ditutup rapat sama "kemalasan" kita? Temen2 bertanya pada saya? Jawaban saya adalah TIDAK. Masih seger diingatan saya kata2 dari guru SMP kemaren, dia cerita tentang orang2 china yang ngabisin energinya semasa muda untuk terus bekerja dan menghasilkan uang tanpa pernah puas. Mereka sadar kalo mereka cuma muda satu kali, lalu kenapa mereka bersedia terus mengumpulkan uang tanpa kepikiran hal2 lain misalnya ngabisin sebagian uang mereka demi kesenangan? Tau gak kalian alesan mereka kerja giat kaya gitu? KEMALASAN, itulah salah satu alasan yg "membahan bakari" diri orang si org2 china itu. Di kultur mereka, mereka udh terlatih bgt dalam hal bisnis terutama perdagangan bahkan seakan akan mereka emang dilahirkan sbg mesin pencetak uang. Mereka kerja dengan sungguh2, ngumpulin sebanyak mungkin yg bisa mereka dapet, tanpa nyia-nyiain sedikitpun cuma untuk alasan kesenangan. Mereka terus ngumpulin uang supaya mereka bisa berMALAS-MALASan dimasa tuanya dgn penuh kemandirian tanpa menggantungkan nasib mereka pada anak-anaknya. Tepat, keinginan utk memenuhi sifat malas mereka lah yg bikin mereka bekerja keras. 
     Makannya, jangan kalian putus asa duluan kalo kalian termasuk orang yg males dan meragukan kemampuan diri kalian sendiri untuk berubah. Pas ga ada satupun motivasi yg bisa menggerakan kalian dari kemalasan, jadikan kemalasan kalian sbgi motivasi utk meraih kesuksesan. Jadikan keinginan kalian utk dapat bermalas-malasan di masa depan sebagai bahan bakar yg menyuplai semangat kalian utk tetap bekerja dengan semangat. Kemalasan gak akan nutup akses kita pada kesuksesan. Ingat gak kalian, kalo hidup kita adalah rangkaian dari pilihan2 kita yg udh ditawarin Tuhan, jadi bermalas-malasan sekarang dan menyesal kemudian atau sedikit memaksa diri dengan bekerja sedikit lebih keras kini dan bermalas-malasan dalam suasana yang penuh kebanggaan di masa depan, semuanya ada di tangan kalian kawan. Maaf kalo ada bahasa yg gak enak yah pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar